Sistem Informasi Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan perorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan,pendistribusian,promosi dan penentuan harga barang,jasa dan gagasan.
Sistem Informasi Pemasaran merupakan subset/bagian dari SIM yang menyediakan informasi untuk memecahkan masalah pemasaran perusahaan.
Prinsip Pemasaran
Bauran pemasaran adalah strategi pemasaran yang terdiri dari gabungan unsur 4P :
1. Product
2. Promotion
3. Place
4. Price
Evolusi Sistem Informasi Pemasaran
01. Intelijen Pemasaran
02. Informasi Pemasaran Intern
03. Komunikasi Pemasaran
Sub Sistem Input Sistem Informasi Pemasaran :
01. Sistem Informasi Akuntansi (S.I.A)
Mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi pemasaran.
02. Penelitian Pemasaran
Melakukan penelitian khusus mengenai operasi pemasaran untuk tujuan mempelajari kebutuhan konsumen dan meningkatkan efisiensi pemasaran.
Data yang dikumpulkan
01. Data Primer : adalah data yang dikumpulkan pada perusahaan tersebut.
Cara yang digunakan untuk mengumpulkan Data Primer :
a. Survey
b. Wawancara mendalam
c. Pengamatan
d. Pengujian kembali
02. Data Sekunder : adalah data yang dikumpulkan dari pihak lain.
Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data sekunder adalah dengan mencarinya di surat kabar,buku.majalah atau internet.
03.Intelijen Pemasaran
Mengumpulkan informasi dari lingkungan luar.
Sub Sistem Output Sistem Informasi Pemasaran :
01. Sub Sistem Product
Menyediakan informasi mengenai produk yang dihasilkan.
02. Sub Sistem Place
Menyediakan informasi tentang kegiatan periklanan dan penjualan langsung.
03. Sub Sistem Promotion
Menyediakan informasi tentang kegiatan periklanan dan penjualan langsung.
04. Sub Sistem Price.
Menyediakan informasi yang membantu manajer dalam membuat keputusan harga.
05. Sub Sistem Bauran Pemasaran
Memungkinkan manajer untuk mengembangkan strategi dengan mempertimbangkan unsur 4P.
Komentar
Posting Komentar