Sistem Informasi Pemasaran

Pemasaran adalah kegiatan perorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan,pendistribusian,promosi dan penentuan harga barang,jasa dan gagasan. Sistem Informasi Pemasaran merupakan subset/bagian dari SIM yang menyediakan informasi untuk memecahkan masalah pemasaran perusahaan. Prinsip Pemasaran Bauran pemasaran adalah strategi pemasaran yang terdiri dari gabungan unsur 4P : 1. Product 2. Promotion 3. Place 4. Price Evolusi Sistem Informasi Pemasaran 01. Intelijen Pemasaran 02. Informasi Pemasaran Intern 03. Komunikasi Pemasaran Sub Sistem Input Sistem Informasi Pemasaran : 01. Sistem Informasi Akuntansi (S.I.A) Mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi pemasaran. 02. Penelitian Pemasaran Melakukan penelitian khusus mengenai operasi pemasaran untuk tujuan mempelajari kebutuhan konsumen dan meningkatkan efisiensi pemasaran. Data yang dikumpulkan 01. Data Primer : adalah data yang dikumpulkan pada perusahaan tersebut. Cara yang digunakan untuk mengumpulkan Data Primer : a. Survey b. Wawancara mendalam c. Pengamatan d. Pengujian kembali 02. Data Sekunder : adalah data yang dikumpulkan dari pihak lain. Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data sekunder adalah dengan mencarinya di surat kabar,buku.majalah atau internet. 03.Intelijen Pemasaran Mengumpulkan informasi dari lingkungan luar. Sub Sistem Output Sistem Informasi Pemasaran : 01. Sub Sistem Product Menyediakan informasi mengenai produk yang dihasilkan. 02. Sub Sistem Place Menyediakan informasi tentang kegiatan periklanan dan penjualan langsung. 03. Sub Sistem Promotion Menyediakan informasi tentang kegiatan periklanan dan penjualan langsung. 04. Sub Sistem Price. Menyediakan informasi yang membantu manajer dalam membuat keputusan harga. 05. Sub Sistem Bauran Pemasaran Memungkinkan manajer untuk mengembangkan strategi dengan mempertimbangkan unsur 4P.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM )

Program Kerja SHE pt kai/kereta api indonesia

Hak Asasi Manusia (Universal Declaration of Human Rights 1948)