SIMPUSKESMAS - (Sistem Informasi Manajemen Puskesmas)

SIMPUS (Sistem informasi Manajemen Puskesmas ) adalah suatu sistem informasi manajemen proses dari kinerja keseharian institusi Puskesmas dengan menggunakan suatu aplikasi / software dengan tujuan akhir mempermudah proses pekerjaan. Puskesmas sebagai salah satu institusi pelayanan umum, dapat dipastikan membutuhkan keberadaan sistem informasi yang akurat dan handal, serta cukup memadai untuk meningkatkan pelayanan puskesmas kepada para pengguna (pasien) dan lingkungan terkait. Dengan lingkup pelayanan yang begitu luas, tentunya banyak sekali permasalahan kompleks yang terjadi dalam proses pelayanan di puskesmas. SIMPUS mempunyai tujuan pengembangan, antara lain: Terbangunnya suatu perangkat lunak yang dapat digunakan dengan mudah oleh puskesmas. Membantu dalam mengolah data puskesmas dan dalam pembuatan berbagai pelaporan yang perlukan. Terbangunnya suatu sistem database untuk tingkat kabupaten/kota. Terjaganya data informasi dari puskesmas dan Dinas Kesehatan. Terwujudnya unit informatika di Dinas Kesehatan Kabupaten yang mendukung terselenggaranya proses administrasi yang dapat meningkatkan kwalitas pelayanan dan mendukung pengeluaran kebijakan yang lebih bermanfaat untuk masyarakat. Simpus sebagai salah satu aplikasi yang mendukung kinerja pemerintahan, jelas membutuhkan langkah-langkah dan strategi yang jelas yang harus dijalankan. Salah satunya adalah pengembangan.Langkah-langkah pengembangan dapat berupa program pra-implementasi dan program pasca-implementasi. Beberapa langkah yang harus dilakukan antara lain: Pendataan awal Berbagai masalah baik dari segi perangkat keras ataupun calon petugas data. Pembentukan team informasi Baik tingkat puskesmas atau tingkat dinas kesehatan. Inventarisasi data-data dasar, Baik untuk tingkat puskesmas ataupun tingkat dinas kesehatan. Data-data dasar itu antara lain : ü Data puskesmas, ü Data petugas medis, ü Data tempat pelayanan kesehatan, ü Data obat-obat gudang farmasi, ü Data diagnosis, dan beberapa data-data dasar lainnya. Sosialisasi data-data dasar. Hal ini perlu dilakukan ke semua staf medis dan petugas di puskesmas supaya lebih mengenal sedini mungkin sistem yang akan dipakai. Pelatihan petugas SIMPUS. Dalam proses masukkan data. Ujicoba implementasi. Evaluasi, Dilakukan untuk mencari masukkan dan juga memberi masukkan kepada semua pihak yang terkait dalam pengembangan SIMPUSKESMAS. Dengan adanya teknologi informasi jaringan telekomunikasi, Data aplikasi SIMPUS dapat di integrasikan antara Puskesmas – puskesmas dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota sehingga akses control terhadap data kegiatan operasional seluruh Puskesmas dalam satu Kabupaten/Kota dapat dilakukan dengan lebih mudah, efektif dan efisien. Arsitektur Aplikasi PUSKESMAS dirancang secara modular dengan mengimplementasikan konsep three tier , Yaitu Suatu Konsep arsitektur system yang berlapis berdasarkan Fungsi dan Peran. Keuntungan dari konsep initerhadap aplikasi adalah akan memberikan tingkat adaptasi yang tinggi terhadap kemungkinan perubahan/penambahan kebutuhan dimasa yang akan dating. MODUL-MODUL SIMPUSKESMAS Kepegawaian ü Jabatan ü Golongan Obat ü Daftar Obat ü Bentuk obat ü Golongan Obat ü Jenis Obat ü Satuan Obat Pasien ü Hubungan keluarga ü Jenis pasien ü Kelompok umur ü Kepala keluarga ü Pasien Penyakit dan Pencegahan ü Diagnosa penyakit ü Jenis penyakit ü Jenis tindakan ü Klasifikasi ISPA ü Klasifikasi KUSTA Umum ü Agama ü Akseptor KB Kecamatan – Desa/kelurahan ü Pendidikan. Loket ü Registrasi Gudang Obat ü Pengambilan obat. ü Penerimaan obat ü Permintaan obat Puskesmas ü Jenis jamban ü Jenis lantai ü Jenis peralatan ü Jenis tembok ü Rujuk Sumber air minum ü Tempat pembuangan sampah Puskesmas ü Pegawai puskesmas ü Peralatan puskesmas ü Stok obat puskesmas Poli ü Balai Pengobatan Umum ü Balai Pengobatan Gigi. ü Laboratorium KIA/KB ü Rawat inap Kartu Kesehatan ü Kartu ibu hamil ü Kartu ISPA ü Kartu KB ü Kartu Kusta ü Kartu TB Pelaporan Laporan 10 besar penyakit yang sering diderita pasien. ü Laporan Balai Pengobatan Gigi. ü Laporan Bulanan Kegiatan Puskesmas (LB4) ü Laporan Bulanan KIA/KB (LB3) ü Laporan Bulanan Penyakit (LB1) ü Laporan jumlah dan jenis peralatan Puskesmas. ü Laporan Pemakaian obat ü Laporan Penggunaan narkotika/psikotropika ü Laporan jumlah dan jenis tenaga puskesmas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM )

Program Kerja SHE pt kai/kereta api indonesia

ANALISIS PERANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASISKOMPUTER DALAM PROSES PENGAMBILANKEPUTUSAN BAGI MANAJER DALAM PERUSAHAAN/ORGANISASI